Rabu, 19 Mei 2010

Uniknya Debat Kandidat RT (Rukun Tetangga)


Selama ini Debat Kandidat Calon Pemimpin kita ketahui dari Media elektronik, cetak dan alat peraga (spanduk dan baliho) hanya di dominasi oleh Pilkada Dati I untuk pemilihan Gubernur, Dati II pemilihan Bupati atau Walikota serta pemilihan Presiden.
Namun ada keunikan tersendiri dari wilayah terkecil (Rukun Tetangga atau RT) di Kota Tangerang Selatan, Propinsi Banten, khususnya di RT 02 RW 12, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat.
Pemilihan RT hanya dilihat sebelah mata oleh warga, namun ada pervedaan di Wilaya/RT 02 yang Ketuai oleh |H. Gahlan Pido, SH., mengelola 85 KK.
Warganya hidup rukun, bergotong royong, tanggap terhadap masalah sosial yang terjadi dan beragam penghuni (berasal dari Sabang sam.pai Marauke), beragam status sosial (dari Profesor, Advokat, karyawan bank, wartawan, wiraswasta, pedawai negeri dan guru).
Pada pemilihan RT sangat unik karena ada KPU RT (Ketua Ir. H. Eko Suyatno), ada Tatib dan persyaratan umum/khusus, itulah potret Demokrasi yang sebenarnya (warga di biarkan sebabasnya memilih). Tidak ada politik uang dan intimidasi, malah sangat elegan dengan kampenya santun, pemasangan alat peraga (spanduk, brosur dan banner), arak-arakan di lingkungan RT, ada debat Visi Misi calon kandidat RT dengan saling menilai lawan, sehingga terjadi 2 putaran yang dihadiri Lurah Jombang H. Mansyur dengan menghabiskan uang proses pemilihan sevesar Rp. 3.5 juta dari urunan warga, kandidat dan panitia KPU RT.
Putaran I pada tanggal 24 April 2010 tersaring H. Dahlan Pido, SH (mendapat 43 suara), Adnan Firdaus (42 suara) dan H. Juliono (25 suara) sehingga ada puratan ke II pada tanggal 8 Mei 2010 dan terpilih secara mutlak dengan suara terbanyak adalah H. Dahlan Pido (99 suara) dari 212 suara, H. Juliono 54 suara dan Adnan Firdaus 39 suara.
Bahkan dalam tatap muka/kangen sapa dengan Ketua PMI Tangsel Ibu Hj, Airin Rachmi Diany, SH., MH., hal ini telah dilaporkan langsung oleh Ketua RT 02 terpilih (H, Dahlan Pido, SH.)
Jika Demokrasi ala RT 02 / 12, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten ini di adopsi oleh wilayah lain akan diperhitungkan, maka RT sebagai wilayah terkecil menjadi barometernya Indonesia kedepan yang lebih baik dalam berdemokrasi, sehingga bisa ada kepercayaan masyarakat pada umumnya.
(Her)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar